Cerita Perjalanan

September di Jakarta

Jakarta, Ibukota yang tak pernah singgah di hati tapi mulai saya rindukan ingar bingarnya. – Iyos Kusuma.

Sejak besar di Bandung dan pindah ke Jakarta, lari bagi saya adalah olahraga paling individual, sekaligus menjadikannya olahraga favorit saya. Beruntung, saya tinggal tidak jauh dari Senayan yang cukup ramah memberi saya ruang aman dan nyaman untuk berlari.
Mencakar langit, mencengkram bumi.
Seorang pejalan kaki melintas di jembatan penyeberangan orang. Di beberapa area di Jakarta, beberapa fasilitas umum, seperti JPO, juga memiliki fungsi estetis. Iya, untuk mempercantik kota. Sementara di area lainnya, ada, terawat, atau tidak mengalami disfungsi saja sudah bagus.
Halte bus Transjakarta.
Ruang terbuka di antara rimbunnya gedung di kawasan Sudirman. Semoga pandemi yang tidak berkesudahan ini menyadarkan sebagian pemilik modal dan penguasa untuk membuka ruang terbuka lainnya bagi publik.
Pernah berpikir arah apa yang sebenarnya ditunjuk oleh patung-patung pemanah di Gelora Bung Karno, terutama patung Arjuna Pemanah? Atau tidak ada arah tertentu yang ditunjuk?
Guiding block, kadang menuntun ke jalan yang benar. Kadang berujung di tukang batagor, jalan buntu, atau maut.

9 thoughts on “September di Jakarta”

  1. Aku cinta Jakarta, Yos. Terkadang lebih suka Jakarta juga daripada Bandung.

    Makin hari, Jakarta makin menata diri. Transportasi publik diperbaiki, fasilitas umum juga terintegrasi. Apalagi kalau tinggal di Senayan kayak kamu, Yos. Aku akan bahagia kayaknya haha. Kawasannya modern, rapi, nyaman.

    Liked by 1 person

    1. Fasilitas umum dan infrastruktur oke kok, walau sangat ngga merata. Melipir dikit ke arah Palmerah/Rawabelong, udah brutal lagi 🤣

      Tapi kalau soal ketertiban dan keberadaban warganya dalam manfaatin fasilitas umum, Bandung menang jauh ke mana-mana lah. Asli 😃

      Ya, hate and love relationship with Jakarta.

      Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.