Membatalkan dan Mengganti Tiket Kereta Api secara “Online”

Akhirnya, urusan mengganti atau membatalkan tiket kereta api jadi jauh lebih mudah. Kini, Anda tidak usah repot-repot datang ke stasiun kereta api.

14 comments

Menyediakan fitur untuk membatalkan atau mengganti tiket perjalanan secara online bukanlah hal yang baru, sebenarnya. Namun, saya setuju bahwa untuk urusan yang satu ini, tidak ada kata terlambat.

Setidaknya, saya sudah pernah tiga kali berurusan dengan petugas loket pembatalan tiket kereta api di stasiun kereta api. Maklum, selama ini urusan pembatalan dan pengubahan jadwal keberangkatan kereta api hanya bisa dilakukan di statiun kereta api.

Membatalkan mengganti tiket kereta api online.jpeg

Tapi itu dulu. Terima kasih, 2018 telah memberi kemajuan teknologi yang super canggih, sehingga akhirnya PT KAI memungkinkan calon penumpang membatalkan atau mengganti jadwal perjalanan mereka secara online melalui aplikasi KAI Access. Luar biasa.

Aturan mainnya masih sama dengan urusan penggantian atau pengubahan jadwal perjalanan secera offline. Calon penumpang akan dikenai biaya sebesar 25% dari harga tiket yang dibatalkan atau diganti.

Perbedaannya, penggantian jadwal dan pembatalan hanya bisa dilakukan sebelum 1 x 24 jam watu keberangkatan kereta api. Artinya, jika Anda ingin membatalkan atau mengganti jadwal kereta api yang berangkat pada pukul 12:00 tanggal 3 Desember 2018, Anda dapat melakukannya secara online selambat-lambatnya pukul 11:59 tanggal 2 Desember 2018.

Sedangkan jika dilakukan di stasiun besar kereta api, pembatalan dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, dan penggantian jadwal dapat dilakukan hingga 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta yang tertera di boarding pass.

Cara membatalkan atau mengganti tiket kereta api di stasiun besar kereta api bisa dilihat di sini.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk membatalkan atau mengganti jadwal kereta api secara online adalah memasang aplikasi KAI Access di smartphone dan mengikuti panduan dalam infografis di akhir guratan ini.

Jangan khawatir, tiket kereta api yang sudah Anda pesan melalui aplikasi lain (misalnya Traveloka) bisa Anda masukkan ke KAI Access, selama nomor identitas yang terhubung ke KAI Access sama dengan nomor identitas yang tertera pada tiket atau kode pemesanan tiket kereta api. Selamat mencoba.

Mengganti dan MembatalkanTiket Kereta Api secara Online

14 comments on “Membatalkan dan Mengganti Tiket Kereta Api secara “Online””

  1. Wowww hebat dong ya.
    Sekarang apa2 lebih dipermudah hanya lewat online aja.
    Kalo saya dulu sempat panik karena salah masukin nomor identitas.
    Cuma pas tanya temen yang kerja di KAI katanya gak masalah, nanti tinggal bawa data pendukung lainnya aja asal namanya sesuai hihihi 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.