Mengganti Tiket Kereta Api? Ini Caranya!

Sebuah pesan singkat masuk ke telepon pintar saya kemarin sore. Saya harus berangkat dinas ke Banten besok siang. Mendadak.

Celaka. Saya sudah memesan tiket kereta api untuk pulang ke Bandung untuk hari Sabtu pukul 18:00. Saya ragu bisa menyelesaikan pekerjaan dan tiba di Stasiun Gambir sebelum pukul 18:00.

Pernah mengalami kejadian serupa? Atau pernah salah membeli tiket kereta api? Jangan panik. Anda tidak perlu membeli tiket kereta api baru dengan tarif utuh. PT Kereta Api Indonesia melayani penukaran tiket kereta api, dengan syarat tertentu.

Sabtu pagi, saya langsung datang ke Stasiun Gambir. Saya sengaja datang agak pagi sebelum liputan agar urusan menukar jadwal keberangkatan ini bisa selesai lebih awal.

Hal yang pertama saya lakukan adalah mencetak tiket elektronik saya di mesin Cetak Tiket Mandiri. Beruntung, suasana di Stasiun Gambir sepi pagi itu. Tidak ada antrean panjang. Saya hanya perlu memasukkan kode tiket dan mesin akan mengeluarkan tiket yang sudah saya bayar.

Tiket ini akan saya tukar ke tiket Argo Parahyangan dengan waktu keberangkatan keesokan harinya, yakni hari Minggu pukul 08:30. Saya sudah memastikan, masih ada kursi kosong di kereta api yang akan saya pilih sebagai kereta api pengganti.

img_20161022_084418.jpg
Para calon penumpang sedang mencetak tiket keeta api menggunakan mesin Cetak Tiket Mandiri.

Perlu diingat bahwa calon penumpang akan dikenakan biaya penggantian tiket sebesar 25% dari harga tiket yang sudah dibeli. Harga tiket yang sudah saya beli adalah Rp90.000,00. Maka, biaya yang akan dibebankan kepada saya adalah Rp22.500. Sehingga tiket yang saya pegang kini hanya berharga Rp67.500,00.

Tiket baru yang akan saya pilih adalah tiket kelas bisnis seharga Rp90.000. Ada selisih harga sebesar Rp22.500,00. Maka nanti, selisih tarif ini harus saya bayar ketika saya mengajukan penukaran tiket di loket stasiun.

Jayabaya sore kemarin..

A post shared by Guratan Kaki (@iyoskusuma) on

Langkah kedua, saya mendatangi loket penukaran dan pembatalan di area pemesanan untuk mengurus formulir penukaran tiket. Mudah. Saya hanya perlu menulis data diri dan data tiket keberangkatan yang sudah saya cetak. Lalu, saya mengisi jadwal keberangkatan yang akan saya pilih sebagai pengganti.

img_20161022_084741.jpg
Loket pemesanan tiket. Silakan ambil nomor antrean di mesin pencetak nomor antrean. Tombol merah untuk penukaran dan pembatalan tiket. Tombol hijau untuk pemesanan tiket.

Terakhir, saya tinggal menyerahkan formulir penggantian tiket dan tiket yang sudah saya cetak ke loket pembelian tiket, sambil menunjukkan kartu identitas saya ke petugas loket. Petugas loket akan melayani penggantian jadwal keberangkatan kereta api sesuai dengan data di formulir.

Baca juga: Budaya Ngemis Oleh-oleh di sini.

Perhatikan:

  • Penggantian jadwal keberangkatan dapat dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum keberangkatan kereta api, sesuai jadwal di tiket yang sudah Anda beli.
  • Di Stasiun Gambir, loket pembatalan dan penukaran tiket tidak beroperasi 24 jam. Jam operasional loket ini adalah pukul 04:00-22:15.
  • Pastikan bahwa kereta api pengganti yang akan Anda pilih masih memiliki kursi kosong. Ketersediaan kursi kosong bisa dilihat di situs-situs penjualan tiket kereta api.
  • Jika tiket kereta api yang Anda pilih lebih murah dari tiket lama (walaupun telah dikurangi biaya 25%), maka selisih harga tiket tidak akan dikembalikan kepada calon penumpang.

Jangan biarkan teman-teman Anda tidak tahu. Anda bisa berbagi informasi ini melalui Facebook atau Twitter. Selamat berakhir pekan!