10 Ide Hadiah untuk Teman Traveller

58 comments

Jika saya menanyakan hal ini pada Anda:

“Apakah Anda mempunyai teman perjalanan yang menyenangkan dan mengesankan?”,

saya yakin, saya akan banyak menemukan jawaban ‘ya’. Melakukan hal-hal bodoh selama berlibur, berjuang bersama menyeret kaki menuju puncak gunung, hingga tersasar di negeri orang adalah cerita-cerita seru yang mungkin pernah Anda alami bersama orang lain ketika berlibur.

Bisa jadi, orang itu adalah saudara, teman sekolah, kolega kerja, atau mungkin pasangan Anda. Tetapi, pernahkah Anda memberi sesuatu untuk merayakan kenangan perjalanan Anda bersama mereka? Atau memberi sesuatu untuk teman Anda yang adalah seorang travel junkie?

Processed with VSCO with j4 preset
Teman ketika melakukan pendakian bisa jadi contoh teman perjalanan yang berkesan bagi Anda. Berikan kejutan untuk mereka tahun ini!

Kali ini, saya akan menggurat daftar barang yang bisa Anda berikan kepada para pencinta liburan yang akan berulang tahun. Untuk membuat daftar ini, saya bertanya kepada beberapa teman. Oh, tentu saja, beberapa di antaranya adalah benda-benda yang juga saya harapkan menjadi hadiah ulang tahun saya tahun depan. Catat, 23 Februari.

Jurnal Perjalanan

2015-12-27-01.45.22-1.jpg.jpeg
Bagi beberapa orang, seperti travel blogger, berlibur dan menulis adalah dua kegiatan yang saling melengkapi. Jurnal perjalanan bisa menjadi hadiah yang berkesan bagi mereka. Harganya pun cenderung terjangkau.

Bagi beberapa jenis petulang, misalnya para travel blogger, mengingat rincian perjalanan adalah hal yang perlu dilakukan. Mulai dari detail biaya perjalanan, nomor kontak beberapa orang yang ditemui dalam perjalanan, hal-hal menarik yang dialami, hingga kata-kata yang bagus untuk ditulis.

Namun, sama seperti kesabaran, ingatan manusia juga memiliki batas. Maka dari itu, manusia perlu mencatat agar bisa memanggil kembali memori yang sudah hilang tertinggal di tempat liburan.

Anda betul, perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk mencatat di telepon pintar. Namun, bagi sebagian orang seperti saya, mencatat dengan cara konvensional di sebuah buku bisa menghadirkan kepuasan mencatat tersendiri, bahkan merangsang kreativitas menulis.

Jika Anda memiliki teman yang gemar menulis kisah perjalanannya, berilah sebuah jurnal perjalanan berukuran kecil. Buku catatan berukuran besar cenderung merepotkan untuk dibawa dalam perjalanan.

Wash Case dan Travel Case

Berkemas sebelum liburan dapat menjadi hal yang menyenangkan. Gairah untuk berlibur biasanya sudah terasa sejak berkemas. Mengapa tidak membuat antusiasme teman Anda semakin tinggi dengan membuat berkemas kian menyenangkan?

Tas kecil untuk menyimpan perlengkapan mandi bisa menjadi pilihan hadiah bagi teman Anda. Tidak semua tempat menginap menyediakan perlengkapan mandi, bukan? Carilah tas kecil berbahan anti-air untuk mengantisipasi tumpahnya sabun cair atau parfum selama perjalanan.

images (5)
Tas kecil untuk peralatan mandi atau perlengkapan elektronik bisa jadi pilihan hadiah ulang tahun untuk teman Anda. Sumber foto: dailymail.co.uk.

Tas kecil untuk menyimpan perlengkapan elektronik seperti kabel charger juga bukan hal sepele. Anda tahu, manusia kini seakan tidak bisa berlibur dengan tenang tanpa kabel-kabel itu. Menyimpan perlengkapan elektronik di dalam satu wadah bisa membuat benda-benda itu tetap rapi dan melindungi dari kerusakan.

Tas Lebih Besar

Tas kecil terlalu sederhana untuk teman Anda yang begitu berharga? Berikan tas dengan ukuran yang lebih besar: tas punggung. Percayalah, teman Anda akan menyukainya. Tas adalah salah satu barang yang hampir selalu dibawa oleh orang yang bepergian.

Processed with VSCO with se3 preset
Memberi tas sebagai hadiah ulang tahun adalah sebuah ide sederhana. Hampir semua traveller membutuhkan tas! Sesuaikan saja jenis tas dengan jenis petualangan teman Anda.

Kenali karakteristik perjalanan teman Anda, Si Pendaki Gunung, Si Penjelajah Kota, atau mungkin Si Penyelam Ulung? Memberi tas carrier kepada teman Anda yang gemar meniti puncak-puncak gunung bisa jadi pilihan tepat. Pasti berguna. Jika teman Anda senang berkeliling kota, misalnya menjajal kuliner atau wisata budaya, saya sarankan ransel kecil yang ringan dan berbahan kuat. Dry bag juga bisa menjadi pilihan jika teman Anda senang menghabiskan liburannya di bawah air.

Adaptor Listrik Universal

Suatu benda akan menjadi berguna jika dimiliki oleh orang yang tertentu. Bagi teman Anda yang lebih sering menghabiskan liburannya dalam tenda di atas gunung, adaptor universal mungkin akan berakhir sebagai pengganjal tenda.

images (2)
Mengapa adaptor universal? Karena lubang colokan listrik di berbagai negara tidak sama. Sumber foto: nationalgeographic.com.

Namun bagi teman Anda yang kerap berpindah benua, adaptor universal dapat menjadi hal yang akan menyelamatkan hari-hari mereka ketika hinggap di berbagai negara. Beberapa negara seperti Jepang, Inggris, dan Italia memiliki lubang colokan listrik yang berbeda. Adapter universal mampu menyesuaikan kabel daya dengan lubang colokan listrik di mana pun mereka singgah.

Camera Strap

Ada sebuah kecenderungan: orang yang menekuni bidang fotografi akan lebih sering memotret daripada dipotret. Mereka akan lebih menikmati perannya membidik panorama di belakang lensa, daripada berpose di depan lensa. Setuju? Tunggu, tunggu dulu.

“Jangan biarkan mereka tidak tampil gaya saat beraksi dengan kamera mereka”.

Tidak perlu membelikan kamera baru bagi teman Anda yang menggilai fotografi. Kecuali Anda memiliki banyak uang dan sangat mencintai teman Anda, silakan saja (sekali lagi, jangan lupakan 23 Februari untuk hal yang satu ini). Tapi percayalah, menghadiahi aksesori fotografi, misalnya tali kamera atau camera strap sudah cukup membuat mereka senang.

1463990024869.jpg
Camera strap dari Ferma Leather, sebab teman Anda sangat berarti. Sumber foto: Ferma Leather, diambil oleh Agus Mahaputra.

Berikan seutas camera strap bertuliskan nama teman Anda sebagai kejutan ulang tahun. Torehan nama teman Anda di sana akan membuat mereka merasa begitu berarti. Anda terlihat sudah mempersiapkan hadiah ini sejak beberapa hari sebelum teman Anda berulang tahun.

Ferma Leather tercipta dari tangan para seniman yang memberi teman Anda jaminan kepuasan seumur hidup. Ya, Ferma Leather berani memberi garansi seumur hidup sebagai bentuk kepercayaan terhadap produk dan para seniman mereka.

Tenang, saya tahu ikatan pertemanan kalian tidak serapuh hati anak muda yang lagi  dirundung putus cinta, maka dari itu Ferma Leather juga diciptakan dengan bahan kulit yang begitu kuat. Silakan klik di sini untuk melihat produk-produk Ferma Leather.

Baca juga: Ulasan saya mengenai camera strap dari Ferma Leather di sini.

Botol Minum

Jangan biarkan teman kesayangan Anda mengalami dehidrasi dalam perjalanan panjang. Dehidrasi tidak hanya menyebabkan haus, namun juga membuat kulit teman Anda  terlihat tidak segar ketika berfoto di tempat liburan. Bekalilah ia dengan botol minum untuk menampung persediaan air selama melakukan perjalanan.

Lupakan botol minum besi atau plastik konvensional berukuran besar yang akan memakan banyak ruang dalam tas teman Anda. Merepotkan. Sebagai saran, Anda bisa memberi botol minum berbahan plastik yang bisa dilipat dan digulung setelah botol kosong. Teman Anda bisa menyelipkan botol yang sudah digulung dalam tas mereka.

images (3)
Ketika tidak menampung air, botol minum seperti ini dapat digulung sehingga tidak memakan banyak ruang dalam tas. Sumber foto: littlegulliver.com.au.

Saya serius. Membawa botol kosong berukuran besar sering mengganggu dan membuat saya malas membawa perbekalan air selama berlibur. Alhasil, saya harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli air minum, dengan kemasannya yang sebenarnya tidak saya perlukan.

Scratch Map / World Map Wall Sticker

Anda memiliki teman yang memiliki ambisi menginjak tanah di berbagai negara? Hadiah ini bisa membuat mereka semakin berambisi mengelilingi dunia! Bayangkan teman Anda berdiri di depan peta dunia, menandai wilayah beberapa negara, seperti ia adalah seorang Christopher Columbus yang berhasrat menjelajah samudera raya.

images (4)
Scratch map bisa menjadi pilihan hadiah ulang tahun untuk teman Anda yang hobi berkeliling dunia. Sumber foto: jebiga.com.

Pasang scratch map di dinding kamar teman Anda dan biarkan ia menandai negara-negara yang sudah disinggahi selama ini. Sayang, saya belum pernah menemukan scratch map untuk negara kepulauan tercinta kita.

Earphone, Sleeping Mask, dan Buff

Perjalanan yang jauh membuat badan letih. Maka, tidur dalam perjalanan kerap dilakukan untuk mengistirahatkan badan sebelum tiba di tempat tujuan.

Namun terkadang, suasana seakan memaksa teman Anda untuk tetap terjaga. Misalnya, ketika teman Anda berada di tempat yang terang benderang, atau lebih buruknya lagi, di antara bocah-bocah yang tidak berhenti merengek.

Tenang, seseorang bernama Nathaniel Baldwien telah menciptakan pelantang telinga atau earphone, sehingga teman Anda tetap dapat tidur di tengah kebisingan. Mendengarkan musik dengan pelantang telinga mampu mengatasi suara-suara gaduh yang ditemui selama perjalanan. Penutup mata juga cukup ampuh untuk mengistirahatkan mata, meski hanya untuk berpejam tanpa tidur.

270983AB00000578-3013174-image-m-2_1427445315112
Penutup mata dapat digunakan ketika teman Anda harus tidur pada saat hari masih benderang dalam perjalanan. Sumber foto: dailymail.co.uk.

Lengkapi juga hadiah ulang tahun teman Anda dengan sehelai buff. Anda pasti tahu, seperti apa wajah kita terlihat ketika tidur di kendaraan umum.

Luggage Tag

Anda memiliki teman perjalanan yang memenangkan hati Anda untuk berlibur bersamanya lagi? Sematkan luggage tag pada tasnya!

PicsArt_05-22-04.51.51
Luggage tag bisa menjadi pilihan hadiah ulang tahun bagi teman Anda. Tas teman Anda akan lebih mudah dikenali jika hilang atau tertinggal ketika berlibur.

Umumnya, beberapa luggage tag yang saya temui berbahan karet atau kulit. Luggage tag berbahan karet membawa kesan dinamis dan ceria. Sedangkan luggage tag berbahan kulit, cenderung membawa kesan serius dan mahal pada tas.

Luggage tag tidak hanya membuat tas teman Anda terlihat semakin menawan, namun juga tentunya, mempermudah orang lain mengembalikan tas itu kepada teman Anda jika hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Baterai Eksternal

Tentu saja, power bank! Karena daya dalam telepon pintar teman Anda bisa habis kapan pun, di tempat-tempat yang tidak menyediakan daya listrik. Dengan baterai eksternal, teman Anda akan memiliki daya cadangan untuk mengisi baterai telepon pintar mereka.

2015-12-27-01.19.41-1.jpg.jpeg
Baterai telepon seluler cenderung lebih cepat habis di tempat-tempat yang tidak terjangkau sinyal dengan baik atau di tempat bersuhu rendah.

Jangan bayangkan bahwa telepon pintar hanya berguna untuk memamerkan eksotisme lanskap Pulau Rinca atau nikmatnya pempek di Palembang ketika teman Anda berlibur. Lebih dari sekedar itu: telepon pintar membantu teman Anda tetap terhubung dengan peta, penginapan, dan tentunya orang-orang yang mereka sayangi, termasuk Anda. Jadikan power bank dangan kapasitas daya besar sebagai hadiah bagi teman Anda!

Bagaimana? Masih merasa bingung memilih hadiah yang akan menjadi kejutan untuk para travel junkie di sekitar Anda? Atau, ada rekomendasi lain?

Advertisements

58 comments on “10 Ide Hadiah untuk Teman Traveller”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s