Tips dan Inspirasi

Kebiasaan yang Membahayakan Barang Bawaan di Kereta Api

Rekaman CCTV aksi dua terduga pencuri di kereta api beredar. Dalam video, dua orang penumpang terlihat seperti sedang bahu-membahu mencuri barang milik penumpang yang duduk di depannya. Pemilik tas nampak sedang tidur.

Rekaman ini beredar bersama foto-foto terduga pelaku yang sedang diarak oleh petugas keamanan di stasiun kereta.

download
Seorang penumpang sedang membentangkan kain agar aksi rekannya tidak terlihat oleh para penumpang di belakang mereka. Sumber foto: Tribun News.

Sang terduga pelaku yang bertelanjang dada diarak dan “dipajang” dengan kertas bertuliskan “saya pencuri di KA Purwojaya” tergantung di lehernya.

Saya tidak akan banyak berkhotbah soal larangan mencuri atau aksi main hakim sendiri yang dilakukan para petugas keamanan—tentu saja karena ini adalah travel blog—tapi tentang kebiasaan para penumpang yang bisa membuat mereka kehilangan barangnya di kereta api.

Meninggalkan Gawai

Mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan colokan listrik yang ada di setiap baris kursi penumpang.

Gadget di Perjalanan
Jangan tinggalkan gawai ketika Anda beranjak meninggalkan kursi atau ketika Anda mulai mengantuk.

Colokan ini bisa ditemukan di bawah meja kecil di dekat jendela. Ketika saya mengisi daya baterai ponsel, saya biasanya meletakkan ponsel saya di meja kecil ini.

Jangan sampai lengah untuk meninggalkan ponsel ketika Anda ke kamar kecil atau ke kereta restorasi. Sekejap apa pun Anda akan meninggalkan kursi, jangan biarkan ponsel Anda tertinggal.

Ketika mengantuk pun, sebaiknya simpan saja ponsel Anda di kantong jaket atau kantong celana. Jika selama ini Anda selalu meninggalkan ponsel di meja kecil saat tertidur dan ponsel Anda tidak hilang, Anda hanya sedang beruntung.

Sembarangan Menyimpan Tas

Pada umumnya, tas penumpang akan disimpan di rak di atas kursi penumpang. Orang lain akan terlihat dengan mudah jika harus berdiri dan mengambil tas dari rak di atas Anda.

Namun jika rak sudah penuh, atau jika Anda membawa lebih dari satu tas, maka biasanya tas akan disimpan di pangkuan atau bawah bangku Anda.

Berselimut saat Perjalanan
Jangan lengah dalam perjalanan. Tempatkan barang-barang bawaan Anda secara aman, misalnya dengan mengaitkan tas pada kaki jika Anda ingin tidur.

Saya tidak menyarankan Anda untuk menyimpan tas di rak di atas bangku penumpang lain. Selain sulit diawasi, tentunya, karena rak itu diperuntukkan bagi penumpang yang duduk di bawahnya.

Cobalah untuk “mengalungkan” ransel atau selempang tas pada tubuh atau kaki Anda ketika duduk, agar Anda bisa merasakan jika ada yang berusaha menarik tas Anda.

Terlalu Banyak Barang

Rasionya sederhana. Semakin sedikit barang bawaan Anda, semakin mudah pula untuk mengawasinya.

Saya selalu membiasakan diri untuk tidak menjinjing atau menggenggam terlalu banyak barang, misalnya, untuk memegang ponsel, power bank, jaket, dan gelas kopi sekaligus ketika berada di tempat umum.

Menggenggam barang sesedikit mungkin memperkecil kemungkinan ada barang yang tercecer atau tertinggal.

Jika Anda malas membawa tas ransel ke mana-mana, bawalah tas kecil yang bisa memuat barang-barang Anda.

Tertidur

Tetap terjaga nampaknya menjadi solusi paling ampuh untuk menjaga barang bawaan Anda tetap aman di kereta api. Saya pikir kesempatan terbaik untuk mencuri barang bawaan penumpang adalah ketika mereka tertidur.

Anda bisa mengalihkan rasa kantuk dengan melakukan beberapa hal, misalnya membaca atau mengobrol dengan penumpang lain.

PicsArt_11-14-05.45.30
Menikmati atau memotret pemandangan di balik jendela bisa jadi salah satu cara membuat Anda tetap terjaga dalam perjalanan.

Ketika melakukan perjalanan seorang diri, saya sebisa mungkin berjaga dan tidak tertidur. Namun jika saya sedang bersama teman perjalanan, kami bisa secara bergantian tidur.

Anda punya tips lain atau pengalaman sendiri untuk mencegah kehilangan barang di perjalanan kereta api? Ayo berbagi!

20 thoughts on “Kebiasaan yang Membahayakan Barang Bawaan di Kereta Api”

  1. Dulu waktu tahun 2010 sering naik Mutiara Selatan, di Stasiun Gombong selalu diperingatkan buat jaga barang bawaan. Katanya banyak pencuri yang nunut naik, nyamar jadi pedagang.

    Sekarang sih jauh lebih aman, tapi malingnya lebih profesional hahaha. Aku sepanjang naik kereta jarang banget tidur pulas. Kalau tidur beneran, tas kamera aku taruh di badan, lalu kututup jaket.

    Like

    1. Yep. Kalo perjalanan overnight baru saya tidur. Kalau pagi-sore doang mah hampir ga pernah tidur juga. Tapi betul, tas kamera sih yang paling bikin cemas kalo mau tidur. Haha. Kecil (mudah dicuri) dan mahal.

      Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.