Kamera Baru untuk Lebaran, Mengapa Tidak?

Lebaran dan uang THR sudah di depan mata. Pertimbangkan, apakah sudah saatnya Anda mengganti atau melengkapi peralatan fotografi Anda?

31 comments

Anda tergoda dengan penampilan fisiknya pada pandangan pertama. Lalu Anda mencoba mengenalnya lebih dalam, berusaha menembus kemolekan penampilan luarnya.

Semakin dalam Anda mengenal, semakin terpikat Anda untuk menjadikannya jatuh ke tangan Anda.

Tenang dulu. Ini adalah travel blog yang serius. Saya tidak akan meracau soal roman atau urusan ranjang Anda di Guratan Kaki. Di sini, saya akan membahas sebuah kamera.

Sudah berapa lama Anda mengincar sebuah kamera baru? Saya sudah hampir satu tahun. Hingga kini, saya belum juga membelinya. Penuh pertimbangan.

picsart_05-31-12.36.42.jpg

Beberapa hal yang biasanya dijadikan pertimbangan untuk membeli kamera baru adalah spesifikasi kamera, tingkat kebutuhan, besar anggaran, dan prioritas pengeluaran.

Spesifikasi kamera tentu menjadi pertimbangan. Ada kamera yang menawarkan kecanggihan fitur, seperti wi-fi , layar sentuh, dan LCD yang dapat diputar untuk kepuasan pengalaman memotret, namun tidak mengandalkan kualitas foto yang mumpuni. Atau sebaliknya, ada kamera yang lebih mengandalkan sensor yang baik, tanpa menjual fitur lain seperti layar sentuh.

2017-03-28-09.23.43-1.jpg.jpg
Setiap kamera memiliki spesifikasi yang berbeda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan besar anggaran Anda.

Ketika mendapat tambahan pendapatan, sering kali Anda lebih memilih untuk membeli tiket pesawat atau kamar hotel dibandingkan menabungnya untuk mengganti kamera Anda. Alasannya sederhana: kamera yang Anda miliki masih berfungsi baik. Anda belum terlalu membutuhkan sebuah kamera baru.

Tapi hey, selamat! Sesaat lagi perusahaan kesayangan Anda akan mengirim uang Tunjangan Hari Raya!

Tentu saja, Anda akan menggunakan uang THR ini bersama keluarga tersayang. Anda bisa menggunakannya untuk bersenang-senang dengan keluarga, membelikan baju baru untuk keponakan, atau berbagi kesenangan bersama anak-anak panti asuhan di kampung halaman orang tua Anda.

Tunggu dulu, saya sarankan Anda untuk tidak lupa menulis nama sendiri di daftar nama orang yang akan Anda beri hadiah Lebaran tahun ini. Jangan lupakan kamera yang fotonya sering Anda pandangi lewat layar gawai Anda.

Tahan diri Anda untuk langsung menghabiskan uang THR tahun ini. Setelah urusan dengan keluarga selesai, waktunya bagi Anda untuk menjemput kamera yang Anda idamkan!

Coba cek harga kamera yang Anda taksir, siapa tahu sudah turun, bukan? Kebutuhan Anda mungkin beragam: mengganti kamera lama, melengkapi perlengkapan fotografi dengan sebuah action camera, atau membelikan kamera sebagai hadiah Lebaran untuk orang lain.

1280531-01
Toko online dapat jadi tempat meriset spesifikasi dan kisaran harga kamera di pasaran.

Anda bisa mulai membandingkan harga kamera yang Anda incar di beberapa situs belanja online atau situs resmi toko-toko kamera terkemuka, lalu mulai merencanakan ke mana saja uang THR Anda akan bermuara.

Langsung membeli atau tidak, mengetahui kisaran harga kamera di pasaran sebaiknya dilakukan untuk dapat membandingkan harga termurah, atau membandingkan harga satu kamera dengan kamera lain. Selisih harga hingga di atas Rp100.000,00 adalah permasalahan serius, bukan?

Anda bayangkan, dengan selisih harga sebesar itu, Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk melengkapi kebutuhan traveling lain setelah Lebaran. Sebut saja mengurangi pengeluaran Anda untuk tiket pesawat atau mengganti sepatu traveling untuk pria jika sepatu gunung Anda sudah usang. Anda tidak mau bepergian dengan sol sepatu menampar-nampar permukaan tanah, seperti yang saya lakukan pada perjalanan saya pertengahan Mei lalu. Anda tidak mau.

Bagi orang yang sulit konsisten menabung seperti saya, membelanjakan uang untuk suatu barang adalah lebih baik daripada mengendapkan uang di rekening bank, lalu menguap perlahan tanpa jejak.

Bagaimana dengan Anda?

31 comments on “Kamera Baru untuk Lebaran, Mengapa Tidak?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s