Kalender Acara: April 2016

24 comments

Olahraga bukan lagi sekedar aktivitas untuk membuat raga bugar, atau mendulang emas di atas podium juara. Olahraga telah menyelam lebih dalam, berkelindan dengan pesona keindahan bentang alam di berbagai negara.

unnamed-1.jpg.jpeg
Geobike Caldera Toba akan kembali digelar tahun ini. Pesona Danau Toba akan menjadi keindahan alam yang ditawarkan bagi para peserta perlombaan. Sumber: harianterbit.com.

Bulan April ini adalah bulannya olahraga. Dua acara perlombaan olahraga akan dihelat di dua obyek wisata tanah air.

Pacu adrenalin Anda di Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia. Ratusan pesepeda akan melintasi tujuh kabupaten di Sumatera Utara sambil menikmati kemegahan kaldera letusan Gunung Toba yang meletus 74.000 tahun lalu.

Belum cukup puas? Bawa juga sepeda Anda ke Nusa Tenggara Barat setelah itu. Tambora Challenge bisa menjadi pelampiasan Anda yang merindukan olahraga alam. Di sisa letusan Gunung Tambora, Anda juga bisa mengikuti lomba lari di savana melintasi kawanan kuda dan kerbau. Siapkan stamina, sepeda, dan sepatu lari Anda!

Geobike Caldera Toba 2016

unnamed.jpg

Seperti pada tahun lalu, pada tahun ini, Geobike Caldera Toba akan digelar. Sekiranya 200 pesepeda akan melintasi Geopark Nasional Kaldera Toba di tujuh kabupaten di Sumatera Utara.

Acara akan digelar pada hari Rabu 6 April 2016 dan berakhir pada hari Minggu 10 April 2016. Acara ini merupakan salah satu acara yang diadakan untuk menyambut HUT ke-68 Provinsi Sumatera Utara.

Ada dua etape dalam perhelatan ini. Etape pertama, para peserta akan mulai mengayuh sepeda mereka dari Tao Silalahi, melintasi Paropo, Tongging, Rumah Bolon, Simanjarunjung, dan berakhir si Parapat.

Untuk etape kedua, Balige akan menjadi titik start, lalu berakhir di Pangururan dengan melintasi Silangit, Muara, Bakkara, dan Nainggolan.

Tunggu dulu, jangan terburu-buru mengemas barang Anda setelah memacu sepeda. Panitia acara menyiapkan kapal bagi para peserta untuk menikmati bentangan Danau Toba. Pertunjukan kesenian dan kebudayaan lain dari Sumatera Utara juga akan menutup Geopark Caldera Toba 2016 pada malam terakhir.

Tambora Challenge

Harian KOMPAS kembali mengajak Anda menelusuri sisa letusan Gunung Tambora dua abad lalu. Tambora Challenge yang menjadi salah satu acara dalam Festival Pesona Tambora akan digelar pada 11 hingga 16 April 2016.

images-11.jpg.jpeg
Peserta Ultra Run atau Ultra Marathon berlari melintasi jalan raya di Pulau Sumbawa sejauh 320 kilometer. Sumber: kompas.com.

Jika Anda gemar berlari, nikmati pengalaman melintasi jalan raya di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dengan mengikuti Ultra Run atau Ultra Marathon.

Dalam waktu 72 jam, para pelari akan membelah Pulau Sumbawa dari Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, dan berakhir di Dompu. Savana dengan kawanan kerbau dan kuda si Doro Ncanga akan menjadi titik finis untuk dua nomor perlombaan, 320K dan 100K.

Ingin lebih dekat dengan alam bebas? Jangan berlari di atas aspal. Anda bisa memilih Tambora Ultra. Tambora Ultra adalah lari lintas alam, atau trail run, yang diadakan di Gunung Tambora.

Titik start berada di kaki Gunung Tambora. Β Melewati Doro Ncanga, Anda harus berlari menuju puncak Gunung Tambora dan kembali ke Tambora Challenge Camp di Doro Ncanga. Untuk nomor perlombaan 50K, Anda berpacu dengan waktu selama 10 jam. Sedangkan untuk nomor perlombaan 25K, waktu yang diberikan adalah 5 jam.

images-9.jpg.jpeg

Merasa tertantang? Silakan daftarkan diri Anda di tamborachallenge.com.

Advertisements

24 comments on “Kalender Acara: April 2016”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s