Kalender Acara: Maret 2016

19 comments

Selama sekitar dua menit, sebagian wilayah Indonesia akan gelap gulita pada 9 Maret pagi nanti. Bayangan bulan akan jatuh di Indonesia. Piringan matahari akan tertutup tak lama setelah bintang terbesar di tata surya ini terbit di Indonesia. Nyalakan alarm Anda dan jadilah saksi fenomena alam gerhana matahari 2016!

Anda juga bisa memanfaatkan tanggal merah pada 25 Maret nanti untuk melesat ke Nusa Tenggara Timur. Masyarakat Kota Larantuka punya cara sendiri untuk berkabung mengenang wafatnya Yesus Kristus. Masyarakat Larantuka akan menggelar Semana Santa 2016, sebuah tradisi umat Katolik yang ditinggalkan bangsa Portugis dan diperingati di Larantuka selama sekitar 500 tahun! Selamat membaca.

Gerhana Matahari 2016

Para astronom dan wisatawan dari berbagai belahan dunia akan mengincar Indonesia pada 9 Maret 2016. Mengapa? Indonesia akan menjadi satu-satunya negara dengan daratan yang dilintasi gerhana matahari total pada tahun ini.

images (12)
Cincin matahari yang terbentuk saat posisi sempurna gerhana matahari total. Tahun ini, gerhana matahari total dapat dilihat dari 12 provinsi di Indonesia. Sumber foto: timeanddate.com.

Gerhana matahari adalah fenomena alam berupa tertutupnya cahaya matahari oleh bulan. Matahari, bulan, dan bumi akan berada pada satu garis lurus. Akibatnya, bayangan bulan akan jatuh di bumi. Daerah-daerah yang dilintasi bayangan inti bulan inilah yang akan mengalami gerhana matahari. Untuk tahun ini, ada 12 provinsi yang akan menikmati gerhana matahari total. Sedangkan provinsi-provinsi lainnya, akan mengalami gerhana matahari sebagian.

Saya pernah menulis guratan lain yang membahas fakta-fakta gerhana matahari di Indonesia. Misalnya soal kisah kelam gerhana matahari pada tahun 1983 dan hubungan antara gerhana matahari dengan kebutaan. Silakan simak ulasannya di sini.

Tips:

  • Gerhana matahari di Indonesia akan terjadi bertepatan dengan hari libur nasional Nyepi 1938. Anda bisa meminta dua hari cuti sejak Senin dan Selasa, sebelum menikmati gerhana matahari pada hari Rabu, 9 Maret 2016.
  • Gerhana matahari total bisa disaksikan di 12 provinsi, yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Siapkan tiket penerbangan dan kamar penginapan Anda sejak sekarang. Jangan lupa bandingkan tarif penerbangan Anda dengan penerbangan pada hari lainnya. Sebagai gambaran, tiket pesawat dari Jakarta ke Palembang pada tanggal 7 Maret lebih murah sampai Rp 100.000,00 dari tiket pesawat tanggal 8 Maret 2016.

Semana Santa Larantuka 2016

Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur. Sebuah kota kecil yang kental dengan kebudayaan peninggalan bangsa Portugis. Salah satu peninggalan bangsa Portugis di sana: agama Katolik.

images-10.jpg.jpeg
Peziarah mengarak patung Tuan Ma (Bunda Maria) pada Jumat Agung. Pengarakan patung Tuan Ma menjadi salah satu prosesi yang dilakukan pada Semana Santa di Larantuka, Flores Timur. Sumber foto: cbsnews.com.

Kota di ujung timur Pulau Flores ini akan mencuri perhatian para peziarah Katolik di tanah air dan mancanegara pada akhir Maret ini. Umat Nasrani di seluruh dunia menyambut hari raya Paskah dengan mengenang kisah sengsara dan wafat Yesus Kristus. Tapi, masyarakat Larantuka memiliki caranya sendiri. Cara mengenang kisah wafat Yesus Kristus yang berbeda dari umat Nasrani di wilayah Indonesia mana pun, Semana Santa.

Semana Santa adalah kata-kata dalam bahasa Portugis yang berarti Pekan Paskah, hari-hari yang dianggap suci oleh umat Nasrani sebelum menyambut Paskah, atau kebangkitan Yesus Kristus. Tradisi ini sudah mengakar selama sekitar setengah milenium, atau sejak bangsa Portugis menyebarkan ajaran Katolik di Flores pada abad ke-16.

Setiap tahun, lebih dari 10.000 peziarah mengikuti Semana Santa di Larantuka. Penduduk setempat, wisatawan, peziarah, dan duta-duta besar negara sahabat berdatangan di Larantuka untuk mengenang wafatnya Yesus Kristus. Untuk tahun ini, prosesi Semana Santa akan dimulai pada tanggal 23 Maret. Umat Katolik akan berkumpul di Kapel Devotees untuk berkabung. Pada keesokan harinya, 24 Maret atau Kamis Putih, warga Larantuka menggelar ritual tikam kuto. Tikam kuro adalah prosesi menanam tiang-tiang lilin di sepanjang jalan yang akan menjadi rute arak-arakan untuk keesokan harinya.

images-11.jpg.jpeg
Perayaan Jumat Agung dimulai pada siang hari dengan mengarak patung Tuan Meninu (Yesus Kristus) melintasi Selat Gonzalu. Sumber foto: indonesia.travel.

Puncak Semana Santa jatuh pada hari Jumat Agung, 25 Maret 2016. Larantuka berduka. Para peziarah laut mengarak arca Tuan Meninu (Yesus Kristus) dari Gereja Tuan Meninu melintasi Selat Gonzalu. Perjalanan ziarah sejauh sekitar 10 kilometer akan ditempuh dengan menggunakan ratusan kapal motor milik nelayan. Setelah melintasi Selat Gonzalu, arca Tuan Meninu akan disandingkan dengan arca Tuan Ma (Bunda Maria) di Kapela Tuan Ma. Kemudian kedua arca akan diarak bersamaan menuju Gereja Katedral, berjarak kurang lebih 700 meter. Doa-doa dan lagu-lagu pujian akan mengiringi proses pengarakan kedua arca.

Sumber video: Jiwa Creation.

Tips:

  • Puncak perayaan Semana Santa di Larantuka berlangsung pada hari Jumat Agung, atau hari wafatnya Yesus Kristus, 25 Maret 2016. Tanggal merah. Jika Anda berminat menikmati pesona alam dan budaya Larantuka, Anda bisa menghemat jatah cuti Anda. Misalnya, dengan mengambil satu atau dua hari cuti untuk tanggal 23 dan 24 Maret.
  • Penerbangan dari ibukota Nusa Tenggara Timur, Kupang, menuju Larantuka ada pada pukul 06.30 WITA dan tiba di Bandara Gewayan Tanah pada pukul 07.15. Untuk arah sebaliknya, penerbangan dari Bandara Gewayan Tanah pada pukul 07.40 dan tiba di Kupang pada pukul 08.30. Penerbangan terbatas, pastikan Anda sudah memesan tiket perjalanan pulang dan pergi.

 

19 comments on “Kalender Acara: Maret 2016”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s